Gunung Guntur Pesona Bumi Pangirutan

Gunung Guntur merupakan sebuah Gunung yang terdapat di Kab.Garut dengan ketingian summit 2249 Mdpl, tepatnya di Ds.Sirnajaya Kec.Tarogong Kaler. Gunung ini merupakan gunung dengan dua teritori, pertama merupakan area Perhutani dan sebagian lagi merupakan area konservasi yang merupakan area BBKSDA Jawa Barat.

Gunung yang terihat gundul ini pernah mengalami beberapa kali erupsi pada dekade 1800an sehingga kini di area puncaknya terdapat sebuah kaldera purba. Guntur memang memiliki pesona tersendiri, khususnya bagi para pendaki. Gunung yang nampak pendek ini sesungguhnya adalah gunung yang memiliki grade jalur yang cukup menantang. Banyak pendaki menyebut lintasan jalur Gunung Guntur adalah replika jalur pendakian mahameru yang notabene didominasi dengan medan berpasir dan kerikil. Naik satu langkah, turun dua langkah alias ‘sosorosodan’.

Gunung Guntur Garut, view Papandayan
View Gunung Papandayan dari atap Gunung Guntur

Aksesibilitas Gunung Guntur

City Lights Garut via Gunung Guntur
Photo by @adiputramar via #inimahgarut hashtag

Aksesibilitas untuk mencapai Kaki Gunung Guntur terdapat beberapa akses namun yang sering dipergunakan dan menjadi jalur resmi adalah melalui Tarogong Kaler dan kemudian dilanjutkan menuju pos registrasi. Dari titik ini tracking dimulai menuju lintasan jalan eks penggali pasir menuju Curug Citiis dan pos 3 sebagai check point awal pendakian. Di pos 3 kita bisa beristirahat dan reload air jika memang summit adalah tujuan utama. Dari pos 3 view Garut Kota sudah sangat terlihat memukau, terlebih jika malam hari. Banyak pendaki menjadikan pos 3 sebagai area camp ground.

Pesona Gunung Guntur

Lalu apa sih menariknya Gunung Guntur selain kerap dijuluki replika jalur mahameru? mirip dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia, terlebih Gunung yang merpakan gunung berapi. Sunrise view, citylight view, dan penampakan pemandangan yang epik gulungan awan adalah jawabannya. Selain itu seperti sempat dibahas di awal, kaldera di atas puncak adalah salah satu spot menarik, tumbuhan ilalang yang menghiasi Gunung inipun menjadi daya pikat tersendiri seperti halnya menyimak kisah dandelion 😀 O Ya, dari Gunung Guntur view Gunung Papandayan, Cikuray juga dapat kita intip, jika cuaca cerah view kerucut Gunung Ciremai dan Slamet pun terlihat memukau.

Puncak Gunung Guntur Garut
View Puncak Cikuray dari Puncak Guntur courtesy from a short film Bumi Pangirutan directed by Akbar Ginanjar to bring Garut Reborn. Team: Fajar Marantika, Uwa Ivenk, Vidoladivo. Anya Rosilia, Rai Muhamad Rizky, Reivky Sastrawiguna, Sandra Feglin, Sandra Aulia, Sinta Barbietha. Terima Kasih banyak balads..
Aerialview Citylights dari Puncak Gunung Guntur
Citylights dari Puncak Gunung Guntur courtesy from a short film Bumi Pangirutan directed by Akbar Ginanjar to bring Garut Reborn. Team: Fajar Marantika, Uwa Ivenk,Vidoladivo. Anya Rosilia, Rai Muhamad Rizky, Reivky Sastrawiguna, Sandra Feglin, Sandra Aulia, Sinta Barbietha. Terima Kasih banyak balads..
Gunung Guntur Garut Inimah
Kaldera Purba Gn.Guntur & View Landscape Cikuray by @tyuniar93 via @galerigarut_

Sebetulnya ada hal lain yang bisa dikembangkan oleh pihak terkait khususnya Pemkab Garut, dahulu Gunung Guntur menjadi salah satu destinasi olah raga paralayang atau paragliding, namun sepertinya menghilang begitu saja tanpa tindak lanjut pengembangan dari pihak terkait, begitupun dengan Gunung Haruman, padahal ini adalah potensi yang signifikan untuk Garut sendiri. Semoga kedepannya pihak-pihak terkait mempertimbangkannya.

Peta Gunung Guntur

O ya satu lagi sebagai tambahan, Gunung Guntur juga memiliki Volunteer yang senantiasa menyediakan informasi terkini seputar Gunung ini. Ketika kamu berada di pos registrasi disana mereka berada, yang balad temui adalah tim volunteer. Mereka senantiasa standby terutama di hari-hari pendakian, selain di pos register tim volunteer yang baik hati ini selalu rolling sampai pos 3 untuk tetap membuat Guntur kondusif.

Selamat Mengexplore Gunung Guntur Pesona Bumi Pangirutan. Salam Lestari, Keep Garut Beautiful Euy!

KOMENTAR