Curug Sanghyang Taraje Surga Tersembunyi di Selatan Garut

Curug Sanghyang Taraje merupakan satu dari seribu titik tersembunyi surga Swiss Van Java, terletak di Ds.Pamulihan Kec.Pakenjeng dan lokasi termasuk ke dalam area Perhutani. Air terjun tersembunyi dengan ketinggian hampir 100m ini telihat gagah dari kejauhan, terlebih ketika kita berada di bawah air terjun ini. Sanghyang Taraje mulai dikenal luas pada tahun 2012 silam ketika sahabat-sahabat blogger dengan media blognya mulai mempopulerkan tempat-tempat wisata di Garut. Disusul oleh sahabat-sahabat IGers yang tak kalah santer dalam mempromosikan Sanghyang Taraje ini.

Curug Sanghyang TarajeUntuk menuju air terjun Sanghyang Taraje ini lumayan jauh dari jalan raya utama, namun masih bisa ditempuh dengan kendaraan, baik itu roda empat maupun roda dua. Selama perjalanan pemandangan menemani sisi kanan dan kiri kita jadi rasa lelah pun terobati dengan sendirinya.

Aksesibilitas Curug Sanghyang Taraje

Dari pusat kota Garut, Curug Sanghyang Taraje berjarak 47KM menuju arah Bungbulang atau kira-kira 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju area Curug Sanghyang Taraje dapat dilalui melalui arah Pamulihan atau dari arah Jati, Kecamatan Pakenjeng yang sama-sama harus naik dan turun bukit. Untuk mengunakan kendaraan umum, sahabat bisa menggunakan ELF jurusan Garut – Bungbulang.

Tebing vertikal dengan ketinggian 80 meter, hempasan arus air yang menukik akan menyambut setibanya di area lokasi Curug Sanghyang Taraje, area ini masih terbilang asri dengan udara yang sejuk pula. Jika kebetulan hujan rintik-rintik kerap muncul fenomena alam yang kita kenal dengan pelangi, namun tak hanya ketika hujan saja, pada waktu tertentu jika kita beruntung pelangi nampak dari cipratan dan hembusan air Sanghyang Taraje ini. Menarik bukan? 😀

Sedikit mengupas cerita masyarakat terkait curug Sanghyang Taraje, menurut penuturan masyarakat sekitar di dekat air terjun ini terdapat sebuah batu berbentuk tapak kaki raksasa yang konon itu merupakan telapak kaki Sangkuriang namun jarang sekali orang yang dapat menemuinya, mungkin harus menggunakan mata bathin. Sedangkan batu yang ada di bawah tepat air terjun menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang dan konon juga katanya tempat itu dijaga oleh belut raksasa. Apakah cerita ini benar atau hanya mitos belaka? entahlah, namun kita sebagai pengunjung sudah sepatutnya menghargai apa yang dipercaya dan diyakini oleh masyarakat sekitar air terjun ini.

Instagaleri Curug Sanghyang Taraje
Peta Rute Curug Sanghyang Taraje

Selamat menikmati pesona Curug Sanghyang Taraje Surga Tersembunyi di Selatan Garut, Salam Lestari, Keep Garut Beautiful Euy!

KOMENTAR